Tutorial GPS Online Android [ UPDATE ]

Di tengah zaman yang telah berkembang begitu pesat, kebutuhan akan informasi sudah mudah sekali untuk didapatkan, termasuk juga informasi akan lokasi. Jika dulunya perlu menggunakan peta untuk mengetahui suatu lokasi tersebut, sekarang zaman telah berubah menuju era digitalisasi sehingga untuk mengetahui suatu lokasi bisa menggunakan GPS online pada ponsel android Anda.

Tak hanya mengetahui lokasi tersebut, bahkan GPS ini bisa dijadikan sebagai petunjuk jalan bagi Anda sehingga Anda tidak akan tersesat. Di dalam GPS ini juga tertera berapa kilometer lagi akan sampai ke lokasi yang akan dituju dan juga disertai arah belokan yang jelas. Meskipun sudah terkenal namun ada saja yang masih bingung menggunakan aplikasi ini.

Nah, berikut ini akan disajikan informasi mengenai tutorial menggunakan GPS online pada smarthphone android.

  1. Aktifkan perangkat lokasi

Langkah yang pertama dan paling utama adalah dengan mengaktifkan perangkat lokasi yang ada di smarthphone android Anda. Perangkat ini bisa ditemukan pada menu setelah atau pengaturan, kemudian klik lokasi. Namun, ada beberapa ponsel yang menempatkan perangkat ini pada menu yang berbeda sehingga lebih baik Anda mencarinya sendiri saja.

  1. Buka aplikasi Google Maps

Jika sudah aktif, langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi GPS/Maps. Jika di smartphone belum tersedia, silahkan download dulu di Play Store. Pastikan Anda menggunakan aplikasi Maps dengan versi yang terbaru agar fitur-fiturnya lebih komplit sehingga semakin memudahkan Anda dalam mencari lokasi tertentu. Jika aplikasi yang dimiliki bukan yang terbaru, silahkan update terlebih dahulu.

  1. Ketahui lokasi Anda

Jika sudah masuk pada aplikasi GPS online, ketahuilah lokasi Anda terlebih dahulu yaitu dengan cara mengeklik tanda yang bentuknya seperti mata yang biasanya terletak di atas. Dengan mengeklik tanda tersebut, maka akan GPS akan menampilkan posisi Anda saat ini dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam melakukan perjalanan untuk sampai di tempat yang ingin dituju.

  1. Tulis lokasi yang akan dituju
Baca juga :   5 Fungsi Wifi Pada Smartphone Yang Jarang Dipakai

Nah, untuk mendapatkan informasi mengenai cara paling cepat agar sampai di lokasi yang akan dituju, maka Anda bisa menggunakan fitur kaca pembesar kemudian tulis daerah atau nama jalan yang akan dituju dan klik pencarian.

Jika sudah, maka secara otomatis GPS online akan menunjukkan jalan yang paling dekat agar Anda dapat sampai ke lokasi tersebut. Silahkan ikutilah penunjuk arah tersebut. Jika Anda salah jalan, maka petunjuk jalan akan memberikan kode kepada Anda.

  1. Simpan peta

Agar menghemat data Anda, GPS online ini bisa disimpan juga secara offline yaitu dengan mengklik tombol kiri atau yang disebut dengan tombol option pada smartphone Anda, kemudian pilih Make Available Offline. Geser, lalu perkecil atau perbesar sampai kotaknya tidak berwarna merah lagi, langkah selanjutnya adalah pilih done.

Dengan begitu, Maps akan tersimpan secara offline dan tentu saja paket data Anda akan lebih hemat. Bagaimana, mudah bukan?

Maps berguna sebagai petunjuk jalan secara akurat untuk Anda. Tentu saja ini akan sangat bermanfaat bagi Anda traveller sejati. Peta digital ini juga disertai dengan letak masjid, cafe terdekat, rumah sakit, dan tempat penting lainnya. Jadi, Anda bisa beristirahat jika sudah lelah dalam menempuh perjalanan. Petualangan akan lebih asyik dengan menggunakan aplikasi yang satu ini.

Selalu update GPS online Anda agar tidak ketinggalan dengan fitur-fitur baru yang disajikan dan agar Anda lebih mudah dalam mencari tempat yang dituju. Yuk berpetualang dengan menggunakan bantuan GPS online.

Spread the love

Leave a Comment