6 Penyebab Program Not Responding dan Cara Mengatasinya

Kemunculan warning not responding sudah pasti menjadi salah satu hal yang paling menyebalkan. Terlebih kalau Anda sedang buru-buru dan tiba-tiba dihentikan oleh loading yang sangat lama. Kalau sudah seperti ini, kebanyakan orang akan berpikir untuk menginstal ulang laptop mereka. Padahal tidak semua masalah not responding hanya bisa dikelarkan dengan instal ulang.

Nah, sebelum mengaplikasikan cara mengatasi program not responding tersebut, ada baiknya Anda simak beberapa hal yang menyebabkan laptop Anda mengalami hal tersebut.

  1. Terlalu banyak aplikasi yang terinstall

Perlu Anda ketahui bahwa proses loading semua aplikasi yang merupakan tugas sistem akan menjadi berat sejalan dengan banyaknya aplikasi yang Anda pasang pada laptop atau komputer Anda. Terlebih jika aplikasi tersebut mempunyai ukuran yang besar dan mengurangi kapasitas hardisk. Efeknya, komputer Anda akan menjadi lembab dan sering not responding.

  1. Tampilan komputer yang berlebihan

Terkadang, tak jarang orang gandrung dengan tampilan komputer yang berlebihan lantaran kesan menarik yang tersemat pada tema tersebut. Tapi pernahkah Anda berfikir bahwa inilah yang membuat RAM komputer bekerja dengan ekstra untuk me-load seluruh tampilan visual yang ada.

Cara mengatasi program not responding yang benar ialah dengan tidak memesan berbagai tampilan untuk memunculkan look keren seperti yang Anda inginkan. Lebih baik gunakan tema yang standar saja.

  1. Terlalu banyak menjalankan aplikasi

Komputer yang multitasking atau dipaksa menjalankan aplikasi dalam sekali waktu umumnya lebih sering terkena masalah not responding. Bagi Anda yang kerap melakoni hal serupa lebih baik hentikan sebelum komputer Anda menjadi lebih parah.

Usahakan untuk tidak membuka semua aplikasi yang Anda butuhkan atau tidak lebih dari 3 jenis. Inilah cara mengatasi program not responding yang simple namun sangat disepelekan oleh sebagian besar orang.

  1. Banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang
Baca juga :   Software Perekam Layar Komputer Terbaik

Ada beberapa aplikasi latar belakang yang berjalan secara otomatis saat Anda mengoperasikan komputer. Kondisi seperti inilah yang mengambil banyak resource memori dan menjadikan komputer Anda not responding.

Upaya yang bisa Anda lakukan ialah dengan memeriksa daftar startup yang sedang berjalan. Buka Windows Run (Win+R) dan ketikkan mscofig (Untuk Windows XP, Vista, dan 7). Lalu Tab Startup. Hilangkan Centang pada aplikasi yang tidak Anda kenal. Tetap centang program penting seperti driver atau antivirus.

  1. Aplikasi yang tidak kompatibel

Membuka aplikasi lama sebelum perilisan Windows 7 membuat aplikasi tersebut muncul dengan peringatan not responding karena tidak mendukung Windows 7. Cara mengatasi program not responding ini sebaiknya periksa lebih dahulu aplikasi apa yang akan Anda install, dan pastikan cocok dengan komputer Anda.

  1. Virus dan malware

Dua hal yang sangat memusingkan. Termasuk dalam hal not responding malware pun andil. Virus dan malware tersebut berpengaruh terhadap kinerja sistem. Update data base antivirus Anda agar terhindar dari bahaya malware. Antivirus yang terinstall pada laptop Anda akan menghilangkan virus yang masuk bersama dokumen atau perangkat luar lain yang dihubungkan dengan komputer Anda.

Jika mau lebih aman, Anda bisa membeli aplikasi antivirus berbayar. Virus yang menyusup masuk ke dalam komputer juga riskan terhadap keberadaan data atau dokumen penting yang Anda miliki.

Adapun cara mengatasi program not responding yang selanjutnya ialah dengan membersihkan laptop dari debu. Beri pasta pendingin pada heatsink laptop atau komputer Anda. Setelahnya jangan lupa pasangkan kipas pendingin eksternal di bagian bawah laptop.

Spread the love

Leave a Comment