5+ Fungsi Tombol Power Android

Bagi pengguna smartphone, keberadaan tombol power mungkin sudah bukan hal yang baru lagi. Baik untuk tipe android maupun Iphone, tombol ini bisa dikatakan elemen utama dalam suatu rangkaian telepon pintar, termasuk yang berjenis windows. Selama ini , sebagian besar orang hanya tahu bahwa fungsi tombol power ialah untuk menyalakan dan mematikan smartphone.

Jadi, tanpa tombol yang satu ini sudah bisa dipastikan pengguna smartphone sangat susah menghidupkan gadget mereka bukan?. Namun, tahukah Anda jika fungsi tombol power android sebenarnya tidak hanya sebatas itu saja. Terdapat banyak hal yang bisa Anda gunakan dari tombol super ini.

Apa saja? Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Mengunci layar android

Untuk mengamankan privasi penggunanya, telepon pintar telah dibekali dengan fitur lockscreen. Dengan adanya pengunci layar, Anda bisa meminimalisir kemungkinan seseorang mengotak-atik ponsel kesayangan Anda. Nah, biasanya layar akan terkunci setelah padam dengan waktu minimal 5 detik atau selepas Anda menekan tombol power. Tapi Anda bisa mengubahnya setiap kali Anda memencet tombol power.

Cara lain yang bisa Anda tempuh ialah dengan memasang aplikasi screen off pro yang ampuh mengunci layar tanpa perlu menekan tombol apapun.

  1. Menyalakan dan mematikan layar

Fungsi tombol power android yang selanjutnya ini bisa jadi sangat familier di kalangan pengguna smartphone. hanya dengan waktu 3 detik saja, Anda sudah bisa menghidupkan atau mematikan smartphone.

  1. Screenchoot

Seringkali untuk menyimpan percakapan atau hal-hal penting, orang tanpa ribet akan mengambil screen shoot pada chatt tertentu. Screenshoot pada telepon pintar ini umumnya menggunakan power dengan tombol lain.

Mayoritas langkah screen shoot pada android yang tidak didukung dengan tombol fisik home mengandalkan kombinasi power dengan volume. Adapun pada merk Smartphone Samsung, kombinasi power dengan Home digunakan untuk memperoleh hasil screenshoot.

  1. Airplane Mode
Baca juga :   10+ Hp Terbaru Di Indonesia

Ya, pada sejumlah merk, fungsi tombol power android juga memaparkan menu mode pesawat. Caranya Anda cukup menekan dan kemudian menahannya selama 3 detik. Tidak sekedar mematikan smartphone, Anda pun bisa masuk ke airplane mode.

Tapi bagi Anda yang kurang suka dengan anjuran ini, anda bisa memakai fungsi tombol power untuk masuk Airplane Mode dan menjumpai Quicksetting.

Tujuan dari dipasangnya airplane mode ini ialah agar pengguna merasa aman dan nyaman saat berada di dalam pesawat terbang. Sehinga mereka masih bisa mendengarkan musik dan menonton video.

  1. Recovery Mode

Eksistensi Recovery mode mungkin belum begitu kondang seperti halnya fungsi tombol power android yang sebelumnya. Untuk bisa login ke recovery mode, Anda hanya perlu menekan tombol power dan volume atas atau tombol power, volume atas, dan tombol home secara bersamaan. Tapi langkah ini juga bergantung pada masing-masing perangkat.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan di sini antara lain membersihkan cache, menjalankan update dari Android Debug Bridge.

  1. Safe Mode

Bagi Anda yang menginginkan android berjalan dengan ringan dan lancar, maka Safe Mode adalah jawabannya. Safe Mode ini juga piawai menyingkirkan virus dari android anda. Safe mode akan muncul apabila Anda menekan android dalam posisi mati, lalu memencet tombol pengeras suara atas dan bawah dengan bergantian.

  1. Mengakhiri panggilan

Siapa sangka jika ternyata fungsi tombol power android yang terakhir ini adalah menyudahi panggilan telepon?. Gampang saja, Anda tinggal setting tanpa perlu menghabiskan waktu terlalu lama. Masuklah menu pengaturan-Accessibility. Kemudian temukan opsi Power Button to Ends Call.

Bagaimana? siap mengoptimalkan tombol power Anda?.

Spread the love

Leave a Comment